“ Ada Apa Dengan #VALENTINE DAY?”

Bismillahirrahmani rahim. . .

A. Asal Kata Valentine

Kata Valentine berasal dari nama seorang pendeta Kristen yang meninggal di Roma Italia pada tanggal 14 Februari 269.M. Nama lengkapnya ialah Saint Valentine yang breprofesi sebagai dokter. Ia menemui kematiannya sebagai martyr (dalam Islam seperti istilah mati syahid) pada masa Kaisar Claudius II yang memerintah dari tahun 268-270 M. demi mempertahankan keyakinan agamanya,ia rela dipenjara atas tuduhan telah menikahkan sepasang muda mudi walaupun hal itu adalah pelanggaran undang-undang Kaisar yaitu larangan menikah bagi para pemuda sebab para pemuda saangat diperlukan untuk jadi tentara membela negara. Ia berasal dari interemna, kira-kira 80 Km sebelah utara kota Roma Italia.

Oleh orang Kristen SaintValentine dikenal sebagai seorang yang kokoh dalam memperatahankan keyakinannya itu.

Untuk memperingati kematian Valentine, orang Kristen lalu mengadakan upacara upacara keagamaan sebagai ritual selamatan

B. Asal Perayaan Valentine Day

Dalam perayaan Valentine Day ada beberapa Versi Pendapat,satu versi pendapat yang dapat saya ungkapkan disini bahwa setelah kematian pendeta Valentine Orang-orang Kristen memperingati kematiannya setiap tanggal 14 Februari yaitu tanggal dimana pendeta Valentine meninggal, dengan mengadakan upacara-upacara ritual keagamaan, bahkan para orang tua pada masa itu selalu menganjurkan anaknya agar meneladani sikap patriotic sang pendeta dimana dia telah mempertaruhkan nyawanya demi sepasang muda mudi yang ingin mewujudkan kasih saying mereka berdua dalam ikatan nikah, perayaan itu berawal sekitar abad ketujuh

C. Pergeseran arti Valentine Day dan perubahan tata cara perayaannya

Sekitar abad keempat belas Perayaan Valentine mengalami perubahan bentuk secara drastis, acara-acara yang bersifat ceremonial dan sebagai commercial malah menjadi dominan. Dengan sendirinya SaintValentine tidaklagi difahami secara penuh sebagai tokoh agama yang pantas diteladani dalam pengorbanannya

D. Asal terjadi pergeseran arti Valentine

Adapaun mulai pergesaran arti valentin dari semula yakni upacara keagamaan menjadi pengertian yang dipahami orang pada masa sekarang ini, yakni upacara sekuler dikalangan muda-mudi, sebenarnya berasal dari orang Eropa zaman pertengahan bahwa tanggal 14 Februari setiap tahun merupakan

Masa berkembangnya kasih sayang antara kehidupan binatang khususnya burung jantan dan burung betina. Pada masa itu burung – burung di dorong oleh instink mengembangkan keturunan burung-burung itupun mulai sibuk mencrai pasangannya masing-masing dan setelah mendapat pasangan mereka lalu bersukaria sambil berkicau.

E. Valentin Day Budaya Siapa ?

Berdasarkan fakta sejarah perayaan valentin day adalah suatu kebudayaan yang 100 % berasal kebudayaan barat dan bukan sama sekali termasuk budaya islam.

F. Islam dan Kasih Sayang

Pada hakikatnya islam adalah agama yang mengajarkan agar kita mau dan mampu menyebarkan rasa kasih sayang, bukan hanya kepada sesama manusia saja tetapi kepada seluruh mahluk Allah di muka bumi, sebagaimana Seruan Allah kepada nabi Muhammad saw dalam firmannyaوما ارسلناك إلارحمة للعالمين

“Dan tidaklah kami mengutus engkau (Muhammad), melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam”

G. Menyikapi Valentin Day

Rasulullah saw bersabda من حسن اسلام المرء تركه مالا يعنى

Artinya “Sebaik-baik islam seseorang itu meninggalkan sesuatu yang bukan urusannya (Tiada memberi manfaat pada diri dan agamanya)

Nah hadist ini dengan jelas menganjurkan kita, untuk tidak memanjakan diri mengikuti apa-apa yang bukan termasuk budaya agama kita.

========

“Barangsiapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut.” (HR. at-Tirmidzi).

Bila dalam merayakannya bermaksud untuk mengenang kembali St. Valentine (seperti sejarah valentines) maka tidak disangsikan lagi bahwa ia telah KAFIR. Adapun bila ia tidak bermaksud demikian maka ia telah melakukan suatu kemungkaran yang besar.

{Disadur dari berbagai sumber} Wallahu a’lam bis showab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s